Thursday, September 16, 2010

Sejumlah Organisasi Kecam Pembakaran Rumah Warga Kuala Kambas

Rabu, 1 September 2010 | 22:11 WIB

LAMPUNG: Sejumlah organisasi pergerakan di Lampung, Rabu (1/9), mengecam pembumihangusan ratusan rumah nelayan di Kuala Kambas dan Kuala Sekapuk, kabupaten Lampung Timur.

Adapun organisasi pergerakan yang mengeluarkan kecaman adalah seperti Partai Rakyat Demokratik (PRD), Aliansi Reforma Agraria (AGRA), Front Mahasiwa Nasional (FMN), Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Serikat Rakyat Miskin Indonesia (SRMI), PMKRI, dan Gerakan Rakyat Indonesia (GRI).

Aksi pembersihan ini dilakukan oleh aparat Polisi Kehutanan (Polhut) dan dibantu oleh aparat kepolisian setempat. Pembersihan ini merupakan bagian upaya Taman Nasional Way Kambas (TNWK) dan masyarakat setempat untuk menertibkan pemukiman yang dianggap “liar’ di sekitar lokasi taman nasional.

Menurut Lamen Hendra Saputra, aktivis dari LMND, keberadaan para nelayan di lokasi tersebut sudah berlangsung selama puluhan tahun, sehingga tidak bisa diusir begitu saja dan dihancurkan rumah-rumahnya.

“sebaiknya pemerintah memfasilitasi kehidupan yang layak bagi setiap warga Negara, bukannya membumi-hanguskan rumah mereka tanpa solusi yang manusiawi,” ujarnya. (Ulf)

Sumber:http://berdikarionline.com/kabar-rakyat/20100901/sejumlah-organisasi-kecam-pembakaran-rumah-warga-kuala-kambas.html

0 comments:

Post a Comment

◄ New Post Old Post ►