Wednesday, September 15, 2010

Ratusan Warga Demo Kantor PT. Kondur Petroleum

Jumat, 11 Juni 2010 | 00.30 WIB

PEKANBARU: Sedikitnya 300 orang massa dari Sentral Gerakan Rakyat (SEGERA) mendatangi kantor PT. Kondur Petroleum di Kurau, Desa Lukit, Kecamatan Merbau, Kamis (10/6). Dalam tuntutan para massa, perusahaan milik Aburizal Bakrie ini dituntut segera memberikan lapangan pekerjaan bagi warga setempat dan menyelesaikan soal ganti-rugi lahan.

Koordinator aksi Antony Fitra mengatakan, pihak PT. Kondur Petroleum belum menjalankan ketentuan penerimaan tenaga kerja lokal, yang menurut Perda Bengkalis Nomor 04 Tahun 2004, adalah minimal 50% untuk lima tahun pertama.

Antony Fitra menjelaskan, pengabaian terhadap tenaga kerja lokal berakibat pada melonjaknya angka pengangguran di wilayah ini, terutama di kelompok usia produktif.

Disamping itu, SEGERA yang merupakan gabungan dari STR, FNPBI, SRMI, LMND, PRD, dan Kelompok Advokasi Riau juga mempertanyakan soal ganti-rugi lahan milik warga di Kecamatan Merbabu, yang sudah dipergunakan sebagai lahan konsesi migas selama 20 tahun, namun belum ada proses ganti-rugi.

Lebih lanjut lagi, pihak perusahaan juga belum menjalankan program CSR (corporate social responsibility), salah satu cara untuk mendorong peningkatan kesejahteraan rakyat di sekitar areal pertambangan.

Dalam pertemuan antara kedua belah pihak, pihak perusahaan menjanjikan akan mengagendakan ulang pertemuan lanjutan yang melibatkan semua instansi terkait.(Ulf)

Sumber:http://berdikarionline.com/kabar-rakyat/20100611/ratusan-warga-demo-kantor-pt-kondur-petroleum.html

0 comments:

Post a Comment

◄ New Post Old Post ►