Monday, March 26, 2012

Dialog Sastra Tiga Negara

Badrut Tamam
http://www.bongkar.co.id/

Rabu malam(13/7) dialog Borneo Kalimantan XI resmi dibuka Gubernur Kaltim. Acara dengan tajuk dialog sastra tersebut dihadiri sastrawan dan pecinta sastra tiga negara, Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia.

Agenda pertama dialog Borneo Kalimantan ke XI pada malam Kamis (13/7) adalah acara jamuan makan malam oleh Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak. Dalam acara yang sama, Faroek secara pribadi resmi membuka Dialog Borneo Kalimantan ke XI di Lamin Etam. Esok harinya (14/7) pukul 08.30 Wita bertempat di gedung serba guna kantor gubernur, ratusan peserta dialog yang berasal dari tiga negara pun dimulai.

Pada dialog negara serumpun Borneo tersebut hadir 18 pembicara dari tiga negara. Korrie Layun Rampan, sastrawan Kaltim sekaligus ketua panitia dialog Borneo Kalimantan merincikan Ke- 18 pembicara yang berasal dari Indonesia, yakni H Musyahrim, Korrie Layun Rampan, Surya Sili, Marko Mahin, Tajuddin Noor Ganie, Rustam Effendim, Mizar Bazarvio, dan Ibnu HS, Jamal T Suryanata, dan Chairil Efendi, Achmadun Josi Herfanda.

Kemudian pembicara asal Malaysia terdiri dari Jasni Matiani, Jaya Ramba dan Encik Otham Mahali, selain itu pembicara asal Brunei Darussaslam adalah Awang Suib dan Awang Mohd Zafri Ariff bin Mohd Ariff.
”Sebagian besar pembicara merupakan pakar dan sastrawan asal perguruan tinggi di Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam,” ungkapnya.

Hari pertama dibawah pimpinan Roedy Haryo Widjono selaku moderator mengungkapkan kegembiraannya telah bisa hadir dalam dialog sastra internasional tersebut. Hal tersebut bisa dilihat dari salam hangat pembukanya “Senang sekali bisa berkumpul dalam forum sastra seperti ini,”ungkapnya.

Sekitar 400 peserta tidak saja berasal dari rumpun melayu Kalimantan tapi juga ada yang berasal dari Sumatera Barat. Dalam acara tersebut banyak dibahas fenomena kesusastraan melayu tiga negara. Sehingga dengan begitu, peserta bisa merasakan bagaimana gambaran sastra di negara tetangga baik di Indonesia yang meliputi Kaltim, Kalteng dan Kalsel. Malaysia Timur (Sabah, Sarawah, Miri, Labuan), Brunei Darussalam.*

15 Juli 2011

0 comments:

Post a Comment

◄ New Post Old Post ►
 

Copyright 2012 Forum TJK Indonesia: Dialog Sastra Tiga Negara Template by Bamz | Publish on Bamz Templates