Monday, May 14, 2012

Renungan : Iklan Djarum 76 part 2

                                          Sumber : http://www.youtube.com/watch?v=lxMvKfBuN3I

    "Iki salah iku salah, opo karepe?", begitulah quote sederhana yang ada didalam iklan Djarum 76 ini. Alkisah diceritakan bahwa sang jin jawa ini bertemu dengan segerombolan preman. Walaupun banyak orang, jin ini hanya memberi satu permintaan. Kemudian, sang bos berkata ingin kuda poni, sim salabim disulaplah kuda poni dan muncul dihadapan preman tersebut. Namun apa yang terjaid?, si bos mengeluh "kok pucat!","kok cebol!", "kok Poni!" sambil memukul jin yang telah mengabulkan permintaannya.
   Kontras sekali iklan ini ingin menunjukkan bahwa sang bos preman ini ternyata bukan orang yang mudah bersyukur. setelah keinginannya dipenuhi dia malah mengeluh supaya dapat yang lebih, malahan sambil menyiksa jin yang telah mengabulkan permintaannya. Sifat ini sangat umum ditemukan di berbagai kalangan. Entah itu sebuah budaya, atau ada pembelajaran yang salah. Buktinya dapat kita amati dari tukang parkir ilegal, di kota Bandung ada beberapa titik dimana tukang parkir ilegal meminta jasa tambahan kepada pengguna kendaraan yang memarkir kendaraannya padahal sudah untung preman yang tidak memiliki ijin mengatur diberi uang, malah minta tambah. Kemudian di strata atas, para anggota DPR yang sudah di gaji cukup besar, fasilitas lengkap, namun tetap saja ada penyelewengan.
   Mulai untuk berubah adalah suatu hal kecil yang berdampak besar. semoga kita dapat mengambil hikmah dari iklan yang sederhana ini untuk kesejahteraan rakyat yang lebih baik.(Fahri/Kominfo)

0 comments:

Post a Comment

◄ New Post Old Post ►