Saturday, October 8, 2011

Penyair Swedia Tomas Transtroemer Raih Nobel Sastra

http://www.suarapembaruan.com/

[STOCKHOLM] Penyair Swedia, Transtroemer meraih Pengahargaan Nobel Kesustraan 2011. Karya-karyanya memberikan akses yang segar pada realitas. Transtroemer adalah penyair kondang Skandinavia yang masih hidup. Tetapi kini kemampuan berbicaranya terganggu setelah diserang stroke pada 1990.

Penyair berusia 80 tahun ini adalah orang ke-108 yang menerima penghargaan prestisius tersebut. Tahun lalu, penghargaan serupa diberikan kepada sastrawan Peru, Mario Vargas Llosa. Transtroemer berhak atas hadiah 10 juta kronor atau 944.246 pounds.

Puisi-puisinya yang oleh Publishers Weekley dideskripsikan sebagai puisi yang mistis dan sedih sudah diterjemahkan ke dalam lebih dari 50 bahasa. Terjemahan puisi-puisi Transtroemer ke dalam Bahasa Inggris sebagian besar dikerjakan oleh penyair Amerika Serikat yang juga kawan dekatnya Robert Bly dan penyair Skotlandia Robin Fulton.

Menurut Fulton, kekhasan puisi-pupisi Transtroemer adalah imajinasinya sangat tajam yang menerjemahkan kesiapsediaan, menceritakan metafora-metafora dan rasa keterkejutan. "Anda tidak merasakan hal yang sama setelah Anda membaca karya-karyanya," ujar Fulton.

Transtroemer lahir di Stockholm pada April 1931 dan lulus dari Fakultas Psikologi pada 1956. Kumpulan puisi pertamanya bertjudul "Seventeen Poems" diterbitkan pertama kali ketika dia masih berusia 23 tahun. Pada 1966, dia menerima penghargaan Bellman (Bellman Prize). Ini adalah salah satu dari begitu banyak penghargaan yang pernah diraih dalam seluruh kariernya.

Pda 2003, salah satu puisinya dibacakan saat perayaan untuk mengenang Menteri Luar Negeri Swedia yang dibunuh, Anna Lindh.

[BBC/A-21] 7 Oktober 2011

0 comments:

Post a Comment

◄ New Post Old Post ►