Wednesday, July 4, 2012

Pram, Nobel, dan Lemahnya “PR” Kita

Nina Mussolini-Hansson *
http://www.kompas.co.id/

Kepergian sastrawan Pramoedya Ananta Toer jelas sebuah kehilangan besar bagi bangsa Indonesia. Sebagai WNI yang menetap di Swedia, hati saya berbuih, terguncang bangga dan berharap setiap kali nama Pramoedya disebut-sebut sebagai calon penerima Nobel Sastra.

Siapa yang tak bangga bila Indonesia, yang oleh sebagian besar warga Swedia dan dunia masih dianggap sebagai negara antah berantah, negara terbelakang dan miskin, sarang teroris, dan sarang korupsi, ternyata mampu menghasilkan seorang sastrawan kelas dunia calon penerima Nobel Sastra. Sayang, sampai sastrawan besar itu meninggal dunia, ia tetap dalam posisi calon penerima Nobel.

Bukan hanya Pram, bahkan seorang penulis Swedia terkenal, Astrid Lindgren, juga tak pernah menerima hadiah Nobel di tanah airnya sendiri. Padahal, sudah banyak buku dan film anak-anak karya Astrid yang diterjemahkan ke berbagai bahasa, di antaranya Pippi si Kaus Kaki Panjang yang diterbikan oleh PT Gramedia.

Lemahnya penghargaan kita

Lain Pramoedya, lain Astrid. Membandingkan karya keduanya juga tak pas karena Pram menghasilkan karya sastra berlatar belakang politik, sedangkan Astrid menghasilkan buku anak-anak. Hanya dalam hal penghargaan, jelas rakyat dan Pemerintah Swedia sangat bangga dengan karya- karya Astrid yang mendunia. Sejak ia masih hidup, rakyat Swedia berpendapat bahwa Astrid layak menerima hadiah Nobel karena karyanya berhasil membius, menghibur, dan mendidik anak- anak di dunia. Tapi, rupanya dewan juri hadiah Nobel punya kriteria lain dan rakyat Swedia pun kecewa.

Bagaimana dengan Pram? Dukungan rakyat dan Pemerintah Indonesia terhadapnya amat minim. Kenangan tentang Pram bagi sebagian besar generasi muda bisa jadi hanya sebatas identitasnya sebagai bekas anggota sebuah organisasi seniman yang berafiliasi ke partai komunis (Lekra). Ini juga menandakan kegagalan pelajaran sastra dan sejarah di sekolah-sekolah yang telah terkooptasi oleh fantasi dan ketakutan-ketakutan akan bangkitnya komunisme sejak zaman Orba.

Rezim boleh berganti, tapi tidak berarti pemerintah yang baru langsung mendukung Pram. Sebagai generasi muda yang mendambakan perubahan dalam bernegara, jelas saya amat kecewa dengan hal ini. Betul, kini karya- karya Pram bisa dinikmati dengan bebas di Indonesia, tapi apa artinya kalau tak ada sikap dan dukungan resmi dari pemerintah terhadap karya-karyanya.

Kadang saya melihat adanya ambivalensi pemimpin-pemimpin kita. Ketika meresmikan pameran hasil kerajinan rakyat, misalnya, sering kali mereka dengan fasih berpidato bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghargai karya bangsanya. Sayang, hal itu hanya retorika politik dan terbatas pada kegiatan ekonomi yang mendukung pemasukan negara.

Sebuah negara dan rakyatnya tak cuma butuh kehidupan ekonomi, tapi juga kehidupan bersastra, karena sastra mampu menghaluskan perasaan dari kecenderungan menjadi buas yang ada dalam diri manusia (homo homini lupus). Sastra mampu menghidupkan empati karena dengan karya sastra kita bisa berefleksi. Untuk itulah kita perlu sastrawan-sastrawan yang mampu memberi oase dan nasionalisme kepada rakyat, di tengah gelombang materialisme dan globalisasi.

Tahun 2003, nama Pram sebagai calon penerima Nobel sangat kencang berembus di Swedia. Pada tahun itu, Pram mengunjungi pameran buku di kota Gotenburg atas undangan pihak Swedia. Sebagai mantan wartawan, saya menyayangkan dan hanya dapat berandai-andai.

Seharusnya Pemerintah Indonesia via KBRI di Swedia mampu menggunakan kesempatan itu untuk mengorbitkan nama Pram lebih tinggi lagi. Itu kalau Pram dianggap sebagai aset bangsa. Misalnya, dengan mengundang beliau ke KBRI, membuat jumpa pers tentang kedatangannya, atau menjadi tuan rumah yang menjembatani pertemuan Pram dengan kalangan pers Swedia. Pers bagaimanapun punya kekuatan sebagai alat promosi dan mudah-mudahan bisa memengaruhi dewan juri hadiah Nobel.

Sebuah ironi jika tamu-tamu dari DPR, misalnya, dilayani bak raja hanya dengan menggunakan kedok studi banding. Di sisi lain, seorang sastrawan besar macam Pram diacuhkan begitu saja. Rekonsiliasi bangsa tidak akan berjalan jika barrier dan keterikatan dengan masa lalu itu tak juga dibenahi.

Diplomasi buku

Bukan rahasia bahwa kelemahan bangsa Indonesia ada di bidang pemasaran (marketing) dan PR (public relation). Padahal, apa sih, yang tidak kita punya? Bagi saya, tidak ada yang tidak mungkin, semua terletak pada niat baik dan kekompakan kita sebagai bangsa. Sebagai bangsa kita memang kurang kreatif menggunakan sumber-sumber potensial yang ada. Salah satu sumber itu adalah Pramoedya Ananta Toer.

Bayangkanlah, kalau saja Pram mendapat hadiah Nobel sastra, berapa besar liputan dan efek PR yang dihasilkan untuk Indonesia? Nama Pram dan Indonesia bukan saja diulas dalam media internasional, tapi juga akan selalu disebut di sekolah-sekolah di seluruh dunia, terutama dalam pelajaran sastra dan bahasa. Efeknya pasti dahsyat dan abadi.

Efek inilah yang menurut pengamatan saya sama sekali tidak disadari oleh kita, bangsa Indonesia. Kita terlalu asyik bertengkar satu sama lain untuk memperebutkan kursi dan rezeki sehingga lupa menggali potensi diri. Andai saja kita pintar, sesungguhnya buku dan karya sastra bisa dijadikan alat PR dan diplomasi. Sayang sekali, seorang Pram lebih dihargai di negara lain daripada di Tanah Airnya sendiri. Tetangga terdekat kita saja, Filipina, sudah lebih dulu menghargainya dengan penghargaan Magsaysay (2003).

Seharusnya kita malu. Mari bertanya, ada apa dengan kita? Apa yang sakit dari bangsa ini? Kalau kita bisa berekonsiliasi dengan koruptor dan mengundangnya ke istana, kenapa seorang Pram tidak pernah diberikan kesempatan untuk itu sekalipun?

Padahal jelas, Pram tidak pernah “menjual” bangsa dan sumber alam Indonesia untuk kantong pribadi dan kroninya serta menenggelamkan Indonesia ke dalam utang luar negeri yang harus dibayar oleh anak cucu kita kelak. Siapa yang lebih jahat sesungguhnya?

Selamat jalan Pram, semoga kau temukan keadilan lain di sana.

*) Ibu Rumah Tangga dan Mantan Wartawan, Tinggal di Swedia/ kompas/0605/03/
Dijumput dari: http://paramadina.wordpress.com/2007/03/04/pram-nobel-dan-lemahnya-pr-kita/

0 comments:

Post a Comment

◄ New Post Old Post ►